Rabu, 03 Februari 2010

drifting


Nama gw hady,umur w bru 14 thn di 2010,tp w suka drifting.Mungkin sebentar lagi,drifting bakal jadi hobi gw!
okay,let's play..
ekhem..
Mobil2 di atas adalah mobil yang biasa di pakai untuk ng-drift.Gambar no.1 atau yang paling atas itu namanya Toyota MR2,menggunakan tipe penggerak 2 roda belakang (FR).
Menurut teori drifting yang gw baca n gw pelajari, drifting itu ber asal dari Jepang,sekitar petengahan 1960-an, dipelopori kalangan motorsport underground yang dijuluki rolling zoku. Mereka mempraktikkan teknik opposite-lock dari reli ini di jalan pegunungan (touge) yang berkelok-kelok dan beraspal licin di wilayah Rokkosan, Hakone, Irohazaka dan Nagano.kalo lombanya sih namanya D1 GP. Tp untuk forum Internasionalnya belum ada. Waktu itu salah satu mantan pembalab F-1 jepang Knimitsu Takahasi mencoba mengikuti apex (garis terpinggir dari sebuah tikungan) dgn mobilnya dan menggunakan rem tangan untuk mengikuti tikungan tersebut,unsur terpenting sa'at drift itu memang Rem Tangan.

kalo mobil bwt ng-drift sebenernya semua mobil bisa,tp untuk spesifiknya sedan,terutama mobil yang hanya menggunakan tipe penggerak 2 roda belakang Ex : Nissan Skyline,Sylvia,toyota corolla DX,AE86,MR2,dll. Krn tipe penggerak 2 roda belakang atau FR (front engine, Rear-wheel-drive), jadi ban depan hanya fokus untuk menstabilkan mobil waktu ng-drift,sedangkan roda belakang hanya untuk mengatur kecepatan(speed).
Skyline :


Tapi,mobil dengan tipe penggerak 4 roda atau FA (front engine, all-wheel-drive) sudah mulai unjuk gigi sekarang, seperti mobil : Lancer-EVO,Subaru,dll Serta mobil dgn Penggerak roda depan.
Mobil jenis ini termasuk mobil yang sulit bwt di bawa ng-drift,krn roda depan difungsikan untuk mengatur kecepatan dan keseImbangan mobil,jd agak susah untuk menaklukkan beberapa tikungan sekaligus.

Lancer Evo IX yang menggunakan FA




Okeh..
w coba jelasin tekhnik drifting

Tekhnik utama drift adalah Clutching (penggunaan kopling) dan Braking (penggunaan rem)

1. HANDBRAKE DRIFT difficulty level : LOW
Teknik pake rem tangan ga' susah, "just use your hand brake" . Biasanya orang yang pake' teknik ini, pedal handbrake mobil standart diganti, biar kalo ditarik ga' ngunci. Caranya injek kopling, belokin stir, tarik handbrake saat deselerasi bwat ngilangin traksi roda blakang dari jalan, kalo bokong mobil dah ngerasa nggeser lepas handbrake, lepas kopling+injek en atur gas but jangan lupa bwat counter steer biar seimbang en ga' spin. Kekurangan dari handbrake drift biasanya speed langsung drop.

2. POWER OVER DRIFT difficulty level : MEDIUM LOW
Intinya mobil yang dipake harus punya torsi yang gede biar traksi roda blakang bisa pecah. Saat belok, tinggal injek pedal gas dalem2 kalo nggak tendang ajjah. kalo mang mobilnya kuat, pasti ngeslide. Nah klo udah ngeslide tinggal atur gas ama counter steer aj.

3. KANSEI DRIFT difficulty level : MEDIUM LOW
Kata lainnya accel off drift, saat lagi kenceng2nya mobil belok tiba2 mengangkat kaki dari pedal gas. Hal itu bikin distribusi bobot mobil pindah kedepan dan otomatis bikin bokong mobil nggeser, saat itu kembali ijek+atur gas en counter steer biar seimbang en ga' spin. sebenernya ini teknik dasar banget biar drifter bisa ngerasa'in gimana cara ngendali'in mobil, gimana cara memindahkan beban en biasanya dilakuin di tikungan yang ga' begitu tajem.

4. BRAKING DRIFT difficulty level : MEDIUM
Kalo udah biasa kansai, drifter biasanya beralih ke braking drift. Saat belok selain dekelerasi, dengan nginjek pedal ram dalem2 distribusi bobot pindah kedepan otomatis traksi ban blakang ilang, tinggal atur gas ama couter steer. Biasanya braking drift dipake' kalo belokan aga' tajem.

5. FEINT DRIFT difficulty level : MEDIUM
Nah, ini njelasinnya aga' repot, feint biasanya teknik yang dipake para perelly. Feint drift kaya' efek pendulum, jadi bawa mobil kearah berlawanan dari tikungan, trus tiba2 balik ke arah tikungan. Kalo dibayangin, kaya' mbuang bokong mobil biar ngeslide. Sisanya tinggal atur gas ama counter steer.

6. CLUTCH KICK difficulty level : MEDIUM HIGH
Teknik ini digunakan untuk memicu drift tanpa mengurangi kecepatan.
Caranya saat belok injak kopling sambil full throttle en revving mesin, baru lepas kopling. Proses harus dilakukan sekedip mata agar mesin ga' over-rev. Yup! teknik ini berpotensi untuk ngerusak sistem drive train mobil, terutama kopling. teknik ini dipakai harus dengan penggantian kopling kompetisi.

7. SHIFT LOCK DRIFT difficulty level : MEDIUM HIGH
Hampir sama ama cluth kick, hanya bedanya drifter memindah gigi lebih rendah untuk menurunkan rpm lalu lepas kopling untuk melambatkan roda blakang agar oversteer. Sama ama cluth kick, teknik ini berpotensi untuk ngerusak sistem drive train mobil. Untuk shift lock yang rawan jebol gearboxnya.

8. MANJI DRIFT difficulty level : HIGH
Wuh! ini dia teknik ekstreem drift. Manji sendiri diambil dari simbol religius yang dikenal sebagai "reverse swastika", karena mobil bagaikan pena diatas aspal. Dijalan lurus bagian blakang mobil dibuat bergoyang2 ke kanan dan kekiri, oversteer perlahan dari sisi ke sisi yang lain dengan perpaduan pengaturan gas+counter steering. teknik ini meninggalkan jejak zigzag di aspal sebelum akhirnya masuk ke tikungan.

Buat drifter profesional, teknik2 yang ada mereka kombinasi'in. Kaya' MANJI+FEINT+CLUTCH KICK, ato HANDBRAKE+SHIFT LOCK, dan laen2 sesuai kebutuhan speed en tikungan yang mao diambil. itu menurut sumber2 yang w baca.

Ya' itulah lah tekhniknya, cao>>>>>>>>






2 komentar: